Gerbang Digital
SHARE :

7 Media Sosial Populer untuk Bisnis Meningkatkan Bisnis Anda

20
02/2021
Kategori : Tips & Trik
Komentar : 0 komentar
Author : gerbangdigital


7 Media Sosial Populer untuk Bisnis Meningkatkan Bisnis Anda

Media sosial memang sangat cocok buat jadi salah satu tools marketing Anda. Di bawah ini kami uraikan aplikasi media sosial yang populer di Indonesia. Tentunya Anda tak perlu menggunakan semuanya untuk bisnis Anda.

Cukup gunakan platform yang memang sesuai dengan target bisnis Anda. Kira-kira sosmed mana yang bakal sesuai dengan bisnis Anda? Langsung saja lihat uraiannya di bawah ini.

1. Youtube
Tahukah Anda predikat jumlah pengguna media sosial terbanyak dipegang oleh Youtube. Dari total 150 juta pengguna internet di Indonesia, 88 persen penggunanya menggunakan Youtube untuk memutar video, terutama video musik.

Banyaknya jumlah pengguna Youtube di Indonesia ini tentu sangat menguntungkan bagi Youtube. Namun, tak hanya bagi Youtube, para pemilik bisnis yang ingin mengenalkan dan mempromosikan bisnis juga diuntungkan.

Memangnya apa saja manfaat yang didapatkan dari menggunakan YouTube untuk bisnis Anda?

Mendemonstrasikan produk
Branding bisnis Anda
Meningkatkan brand awareness
Memecahkan masalah customer
Dengan menggunakan YouTube, Anda bisa membuat konten video yang sesuai dengan target audience atau target pasar Anda.

Sebagai contoh, Toyota membuat konten mini web series yang ditayangkan di YouTube. Mini web series tersebut berhasil viral dan mendapatkan lebih dari 5 juta penonton. Di dalam video itu, Toyota memang tidak secara gamblang “berjualan” mobil.

2. WhatsApp
Hampir semua pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp. Mungkin Anda salah satunya. Ada sekitar 124 juta pengguna internet menggunakan WhatsApp di gadget mereka. Penggunanya pun beragam, mulai dari usia 16 tahun hingga 64 tahun.

Mereka biasanya menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Fitur-fitur yang mudah digunakan seperti chat, panggilan suara, dan video jadi favoritnya.

Tak hanya untuk komunikasi antar kerabat dan kolega, kini pemilik bisnis juga bisa memanfaatkannya untuk bisnis mereka. WhatsApp telah meluncurkan platform khusus bisnis, yaitu WhatsApp Bisnis.

Berbeda dengan WhatsApp yang biasa digunakan banyak orang, WhatsApp Bisnis punya fitur khusus yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi dan pemasaran pemilik bisnis.

3. Facebook
Facebook merupakan media sosial dengan jumlah penggunanya yang selalu meningkat. Pada 2018, jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 130 juta pengguna. Dari jumlah tersebut, rentang usia terbanyak yang menggunakan Facebook yaitu usia 20-29 tahun.

Populernya Facebook sebagai media sosial di Indonesia cocok sekali jadi ladang untuk mengenalkan bisnis Anda. Ditambah lagi target audience Anda banyak yang menggunakan Facebook. Tak hanya mengenalkan bisnis, Facebook juga bisa Anda gunakan untuk meningkatkan engagement, traffic website, dan mendapatkan leads.

4. Instagram
Hampir menyaingi Facebook, Instagram ternyata memiliki lebih dari 61 juta pengguna aktif di Indonesia. Fakta menariknya, jumlah pengguna Instagram didominasi pengguna usia 18-24 tahun.

Jika target audience bisnis Anda banyak menggunakan Instagram, mempromosikan bisnis di Instagram wajib Anda lakukan. Apalagi menurut survey, sebanyak 45 persen pengguna Indonesia sering membeli produk yang mereka lihat di Instagram.

5. Twitter
Anda ingat kisah KKN Desa Penari? Cerita ini mengisahkan sekelompok mahasiswa yang menjalani KKN di sebuah desa angker. Tenang dulu, di bab kami tidak akan mengulas detail cerita tersebut. Namun, yang menarik adalah cerita tersebut viral dan bermula dari sebuah thread di Twitter.

Berawal dari Twitter, kisah tersebut bisa jadi topik viral di seluruh jagat maya. Dari sini, kita bisa tahu kalau pengguna Twitter sangat cepat merespon topik yang sedang trending.

6. Line
Selain WhatsApp, ada media sosial berbasis pesan lain yang juga populer di Indonesia, yaitu Line. Pihaknya mengatakan penggunanya mencapai 90 juta pengguna. Menariknya 80% penggunanya merupakan remaja.

Jika target audience Anda banyak yang menggunakan Line, Anda tentu perlu melakukan beberapa strategi marketing di platform ini.

7. LinkedIn
Media sosial yang satu ini memang lebih dikenal sebagai media sosialnya para profesional pekerja. Di LinkedIn pengguna bisa membuat profil seperti Curriculum Vitae untuk membangun reputasi yang baik di mata para HR.

Namun, ternyata tak hanya pekerja profesional saja, bisnis Anda pun juga bisa memanfaatkan LinkedIn untuk mempromosikan bisnis.

Berita Lainnya

20
02/2021
20
02/2021


Tinggalkan Komentar